Terminologi atau mungkin bisa kita maknai sebagai istilah pada sebuah definisi, biasanya memang terkadang dianggap hal yang kurang penting. Tapi coba bayangkan, berapa kali kita harus berbeda pendapat, berdebat terhadap sesuatu hal yang sebenarnya terjadi hanya karena masalah berbeda memberi istilah terhadap sebuah definisi atau makna. Atau mungkin kebalikannya, memberikan sebuah istilah dengan definisi yang berbeda. Disinilah pentingnya kesepakatan yang dibakukan menjadi sebuah terminologi. Artinya ketika sebuah diskusi dilakukan, setiap peserta diskusi harus sudah bisa memastikan diri bahwa setiap istilah yang disebut akan merujuk pada definisi yang sama paling tidak bagi semua peserta diskusi. Semua yang berbicara berpijak pada terminologi yang sama.

Kali ini saya ingin berbagi tentang terminologi pada punch dan dies mesin cetak tablet. Sumber dari terminologi ini pertama kali dipopulerkan oleh salah satu vendor mesin cetak Fette. Kemudian dikalangan pembuat mesin cetak dan tooling-nya (diantaranya punch dan die) dibahasakan secara umum dan seolah-oleh menjadi baku. Walaupun mungkin ada istilah-istilah detail yang sedikit berbeda diantara pabrikan mesin cetak, tapi paling tidak terminologi bisa menjadi awalan dalam berdiskusi mapun dipakai sebagai istilah dalam dokumen resmi internal perusahaan (misalnya prosedur, protokol kualifikasi, dsb).

Bagi industri farmasi, makanan, kembang gula, ataupun industri lainnya sebagai pengguna mesin cetak tablet, sebaiknya tinggal kita pakai dan sepakati saja terminologi ini.

Teminologi Punch Mesin Cetak Tablet.

Term punch 1Bisa dilihat di gambar sebelah, jika kita bicara tentang panjang punch, lebih detail harus jelas apa yang kita harus maksudkan apakah itu 'overall length' atau 'working length'. Overall length penting untuk dipastikan terkait hal ini menentukan saat kita setting compression height pada mesin cetak. Sementara working length menjadi penting karena hasil pencetakan berupa tablet, tebal hasil tablet sangat ditentukan oleh faktor ini. Termasuk juga perihal Head flat yang setiap kali 'berbenturan' dengan compression-roller mesin cetak, semakin lama semakian aus, sehingga titik ini yang menjadi acuan panjang pasti juga akan menggeser parameter panjang itu sendiri.

Misalnya anda punya prosedur pengukuran berkala punch sebagai upaya untuk memastikan kualitas dari dimensi tablet yang juga akan berpengaruh pada sifat kerapuhannya. Maka dalam prosedur terminologinya sebaiknya harus jelas, menjelaskan, dan akan lebih baik lagi jika hal itu sesuai dengan terminologi umum yang dipakai vendor pembuat mesin cetak maupun tooling-nya.

Keberadaan 'Anti-turn key' sangat penting bila kita mencetak tablet dengan penampang yang tidak lingkaran (bentuk kaplet, kotak, segitiga, multi-punch, dsb), seperti disebutkan di gambar dengan kata-kata 'optional on rounds, standard on shapes and multi punch'. Atau bisa juga diberlakukan pada bentuk lingkaran, tapi kita ingin bentuk engraving baik tulisan atau gambar pada permukaan tablet antara atas dan bawah harus pada posisi sudut yang sama.

Sementara 'Outside Head Radius/Angle' dan 'Barel To Stem Chamfer' seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas adalah istilah yang lebih teknis yang penting untuk produsen mesin cetak atau workshop pembuat tooling. Bagi industri pemakai mesin cetak tablet saya pikir cukup bagi kita untuk sekedar tahu posisi istilah ini sehingga tak terjadi salah persepsi bila harus berkomunikasi dengan pabrik mesin cetak tablet ataupun produsen pembuat tooling-nya.

(bersambung)

Pitoyo Amrih

 

Ada sebuah perusahaan fiktif bernama PT MAJU. Perusahaan ini memproduksi air mineral dalam kemasan gelasplastik. Mesin yang dimiliki perusahaan ini adalah mesin pembentuk gelas plastik sekaligus mengisi air mineral, sebanyak dua unit.

Bulan ini pesanan begitu meningkat. Bagian pemasaran yang telah berhasil melakukan promosi membuat bagian produksi jungkir-balik selama dua puluh empat jam menjalankan mesinnya untuk mengejar permintaan bagian pemasaran. Dan sudah terlihat di depan mata, bulan depan pesanan bagian pemasaran naik 30 % dari bulan sekarang. Sementara bulan ini mesin telah jalan siang malam, bahkan minggu pun masuk untuk mengejar kekurangannya.

“Gila! Harus segera saya usulkan membeli satu unit mesin lagi untuk mengejar permintaan bulan depan,” teriak Pak Joni, sang kepala produksi. “Dan awal bulan depan mesin itu sudah di sini..!” imbuhnya.   ...selengkapnya

Bookmark This

Follow Us

Powered by CoalaWeb

 

KupasPitoyo, KumpulanTulisan Pitoyo Amrih, yang juga berbicara tentang Pemberdayaan Diri, ..pemberdayaan berkesinambungan bagi diri sendiri, keluarga, dan bangsa... khususnya melalui budaya... selengkapnya..

Pitoyo Amrih.... terlibat aktif dalam perumusan penerapan konsep-konsep TPM (Total Productive Maintenance) di perusahaan tempatnya bekerja. Juga pernah memimpin kajian dan penerapan rumusan OEE (Overall Equipment Effectiveness) yang bisa.....  ...selengkapnya