Banyak diantara pemilik pabrik yang saya tahu, terutama pabrik pabrik kelas bawah sampai menengah, hanya berfokus kepada paradigma ‘ada pesanan – mesin pokoknya jalan’. Sedikit diantara mereka yang mencoba menelaah apakah mesin-mesin yang mereka jalankan di pabrik mereka, memberikan kontribusi positif terhadap profit pabrik, atau justru mesin semakin jalan, semakin menggerogoti profit hasil pabrik yang seharusnya anda dapat.

Semua orang tahu, bahwa selain kualitas produk hasil pabrik, faktor lain yang menentukan mengapa orang membeli produk pabrik anda adalah harga jual produk anda. Dan harga jual produk, secara sederhana adalah merupakan penjumlahan dari biaya dan profit.

Selengkapnya: Ilustrasi OEE (1)

Sebagian sektor industri diatur oleh syarat-syarat dari pihak regulasi. Untuk beberapa tujuan. Salah satunya adalah tujuan perlindungan terhadap konsumen, dimana negara harus memiliki perangkat yang membuat, dan mengawasi segala aturan terhadap industri tersebut.

Salah satu aturan tersebut adalah perihal kewajiban melakukan validasi terhadap proses produksinya untuk menjamin kualitas produk dan memastikan bahwa konsumen mendapatkan apa yang dia harapkan. Contoh sektor yang memiliki kewajiban ini adalah kelompok industri farmasi, biokimia, obat tradisional, dan kelompok sejenis lainnya. Juga beberapa sektor industri makanan. Dan jalan panjang kegiatan validasi, salah satunya adalah langkah pembuktian terhadap mesin, peralatan dan sarana penunjang proses produksi tersebut, yang biasa disebut dengan istilah kualifikasi. Salah satu tahapan kualifikasi ada yang disebut dengan Kualifikasi Kinerja (Performance Qualification). Dan OEE bisa menjadi salah satu atribut pembuktian tentang kinerja sebuah mesin. Dalam hal ini khususnya mesin proses produksi.

Selengkapnya: Ilustrasi OEE (2)

Sebelum kita menelaah lebih jauh mengenai definisi OEE sendiri, ada baiknya kita coba diskusikan dahulu tiga pengertian kaitannya dengan sebuah ‘kerja’ yaitu : Efektivitas, Efisiensi dan Produktifitas.

Kalau ditelaah dari segi arti kata bahasanya, memang tidak mudah untuk memberikan pembeda yang jelas dan tegas pada ketiga hal tersebut. Dari istilah bahasa induknya misalnya, ketika saya sedikit mengintip The Grolier Dictinonary, Lexicon Publication. Inc, tahun 1992, dijabarkan arti ketiga kata tersebut sebagai berikut :

Selengkapnya: Konsep dan Definisi OEE (1)

Masih juga belum memberikan kesan yang tegas terhadap ketiga kata tersebut. Saya mencoba mengambil pengertian logika ketiga hal tersebut pada bidang engineering. Dalam pengertian teknis bidang engineering, ketiga kata ini dapat dijelaskan melalui ilustrasi sebagai berikut :

Pertama kali mungkin saya lebih enak menjelaskan Efisiensi. Dalam bidang engineering, efisiensi selalu dikaitkan pada sistem, mesin atau peralatan, yang menyatakan sampai dimana sebuah proses pada sistem tersebut mampu merubah apa yang menjadi masukan (input), sehingga menjadi keluaran (output). Dan tolok ukur antara input dan output haruslah sama. Sementara output yang termanfaatkan pastilah lebih kecil –atau sama untuk proses ideal- daripada input. Dan sebagian besar pembahasan akan hal ini hampir selalu dikaitkan dengan proses pengkonversian energi.

Selengkapnya: Konsep dan Definisi OEE (2)

Page 1 of 3

Ada sebuah perusahaan fiktif bernama PT MAJU. Perusahaan ini memproduksi air mineral dalam kemasan gelasplastik. Mesin yang dimiliki perusahaan ini adalah mesin pembentuk gelas plastik sekaligus mengisi air mineral, sebanyak dua unit.

Bulan ini pesanan begitu meningkat. Bagian pemasaran yang telah berhasil melakukan promosi membuat bagian produksi jungkir-balik selama dua puluh empat jam menjalankan mesinnya untuk mengejar permintaan bagian pemasaran. Dan sudah terlihat di depan mata, bulan depan pesanan bagian pemasaran naik 30 % dari bulan sekarang. Sementara bulan ini mesin telah jalan siang malam, bahkan minggu pun masuk untuk mengejar kekurangannya.

“Gila! Harus segera saya usulkan membeli satu unit mesin lagi untuk mengejar permintaan bulan depan,” teriak Pak Joni, sang kepala produksi. “Dan awal bulan depan mesin itu sudah di sini..!” imbuhnya.   ...selengkapnya

Bookmark This

Follow Us

Powered by CoalaWeb

 

KupasPitoyo, KumpulanTulisan Pitoyo Amrih, yang juga berbicara tentang Pemberdayaan Diri, ..pemberdayaan berkesinambungan bagi diri sendiri, keluarga, dan bangsa... khususnya melalui budaya... selengkapnya..

Pitoyo Amrih.... terlibat aktif dalam perumusan penerapan konsep-konsep TPM (Total Productive Maintenance) di perusahaan tempatnya bekerja. Juga pernah memimpin kajian dan penerapan rumusan OEE (Overall Equipment Effectiveness) yang bisa.....  ...selengkapnya