pitoyo.com menu left
pitoyo.com menu right

Advertisement


Buku Pitoyo Amrih

Novel-novel Kisah Dunia Wayang yang kembali diungkap secara lengkap sejak jaman para Dewa, era raja Harjunasasra, kejayaan Sri Rama, sampai kisah perseteruan dua saudara Pandawa dan Kurawa, hingga perang besar Baratayudha. Diakhiri dengan masa kejayaan dan keruntuhan negri Hastinapura di masa raja Parikesit.



KostumAnak Pitoyo.com

Ready stock berbagai kostum profesi untuk anak usia 3 s.d 8 th. Juga melayani pesanan berbagai kostum untuk anak maupun dewasa.


Herbadrink

Minuman Herbal untuk kesehatan. Dibuat dari ekstrak bahan alami, yang diproses dengan teknologi modern dan kualitas sesuai standard Good Manufacturing Practices


bannerkomentar

"Resi Durna, probably, the best of pitoyo's I ever read.."
Defarmen Mehan, ST, MSc


Home
Seri Tuhan Selalu Berbicara
Kita Para 'TAKERS' (1) PDF Print E-mail
Written by Pitoyo Amrih   
Wednesday, 04 October 2000 07:00

Beberapa hari lalu saya meminjam VCD film berjudul "Instinc" yang dibintangi oleh Anthony Hopkins dan Cuba Goding Jr. Beberapa bulan lalu sebenarnya saya sudah menonton film ini, hanya mungkin keterbatasan pikiran saya dalam menangkap ide, setelah menonton kedua kalinya saya baru bisa merasakan saya menangkap ada sesuatu pesan dalam film itu.

Last Updated on Friday, 06 August 2010 21:20
Read more...
 
Kita Para 'TAKERS' (2) PDF Print E-mail
Written by Pitoyo Amrih   
Saturday, 04 November 2000 07:00

Beberapa hari menjelang meninggalnya Albert Einstein, pernah orang mencatat kata-kata bijaknya yang membuat siapa pun yang mendengarnya akan cukup bingung dibuatnya: "The distinction between past, present, and future is only a stubbornly persistent illusion…". Bisa dibayangkan seorang fisikawan yang sampai kepada pemikiran filosofis tentang relativitas ruang waktu sampai kepada suatu gerbang yang meng-iya-kan bahwa bisa jadi ini semua adalah ilusi kita semua.

Last Updated on Friday, 06 August 2010 21:20
Read more...
 
Tuhan Selalu Berbicara (1) PDF Print E-mail
Written by Pitoyo Amrih   
Monday, 04 December 2000 07:00

Dari berita memilukan tabrakan dua kereta api beberapa waktu yang lalu di Brebes, ditulis di situ bahwa berbondong-bondong orang-orang datang untuk 'try to see what can be done'. Ada yang memberikan pertolongan, ada yang tertegun kenapa semua ini harus terjadi, dan di pojok kolom berita tertulis ada beberapa orang yang memanfaatkan kesempatan untuk 'mengutili' barang-barang korban kecelakaan. Bagi saya berita yang ditulis terakhir ini mungkin hampir sama menyedihkannya dengan kecelakaan itu sendiri.

Last Updated on Friday, 06 August 2010 21:19
Read more...
 
Tuhan Selalu Berbicara (2) PDF Print E-mail
Written by Pitoyo Amrih   
Thursday, 04 January 2001 07:00

Di dalam sejarah Islam, dikisahkan ketika Nabi Muhammad saw ber-tahannuts (berdiam diri) di gua Hira, kemudian datanglah malaikat Jibril menyerukan kepada Muhammad: "Bacalah!..". Dengan gemetar Nabi Muhammad menjawab: "Aku tak dapat membaca…" Lagi-lagi malaikat Jibril menyeru: "Bacalah!" diikuti jawaban yang sama dari Nabi, demikian sampai tiga kali, baru kemudian turunlah ayat pertama dalam Al-Quran yang bisa ditafsirkan:" Bacalah dengan nama Tuhan yang telah menciptakan ...".

Last Updated on Friday, 06 August 2010 21:18
Read more...
 
Tuhan Selalu Berbicara (3) PDF Print E-mail
Written by Pitoyo Amrih   
Wednesday, 17 January 2001 07:00

Sungguh menjadikan sebuah kesaksian yang luar biasa bagi saya ketika saya melihat kerusuhan yang membakar habis lebih dari 50% aset kegiatan perekonomian kota Solo pertengahan Mei 1998 yang baru lalu. Kebetulan beberapa 'momen' pembakaran-pembakaran gedung, saya melihat langsung, tertegun tanpa bisa berbuat apa-apa. Kenapa orang-orang yang tampak lugu dan polos bisa memiliki sebuah kebencian yang luar biasa sehingga mampu secara kolektif merusak apa saja yang dilewatinya. Kebencian yang mampu menggerakkan hampir sebagian besar orang-orang yang justru nafkahnya datang dari 'aliran' toko, mal dan pusat perdagangan -bapak-bapak tukang becak, tukang gorengan, tukang parkir,dsb- yang dengan 'gegap-gempita' mereka ikut andil dalam proses pengrusakannya.

Last Updated on Friday, 06 August 2010 21:18
Read more...
 
Tuhan Selalu Berbicara (4) PDF Print E-mail
Written by Pitoyo Amrih   
Wednesday, 31 January 2001 07:00

Air bagi saya adalah salah satu bentuk dari sekian tak terhingga 'bicara'-Nya Tuhan. Bagi anda yang sehari-hari hanya 'sambil-lalu' menjadi saksi atas air, saya ajak anda untuk melihat lebih dekat, mendengar lebih tajam firman Tuhan yang satu ini. 

Betapa luar biasa sebuah zat yang ketika di-'isi'-kan ke sembarang bentuk dia akan mengikuti bentuk-bentuk tempat dia mengisi. Bisa dibayangkan kalau tubuh kita yang sebagian besar terkandung air yang tidak memiliki sifat demikian, tubuh kita tentu menjadi tak karuan bentuknya. Atau ambil contoh ketika anda memasak air. 

Last Updated on Friday, 06 August 2010 21:17
Read more...
 
(Tuhan Selalu Berbicara) Kita Hampir Selalu Mendengar Beda (1) PDF Print E-mail
Written by Pitoyo Amrih   
Thursday, 01 February 2001 07:00

Saya kebetulan dilahirkan di Semarang, dari keluarga Jawa. Suatu saat di waktu saya kecil dulu pernah orang menceritakan ke saya bahwa bunyi ayam jago berkokok di pagi hari adalah 'kukuruyuuuk'. Walaupun kalau sang ayam jago berkokok di telinga serasa tidak begitu mirip benar dengan apa yang orang lafalkan, tapi bolehlah itu 'sekedar' menjadi kata ganti agar bisa untuk dikomunikasikan antar orang.

Sekitar empat belas tahun lalu saya mulai merantau ke Bandung untuk menuntut ilmu. Suatu saat ketika saya di Bandung, tetangga saya yang kebetulan asli Bandung bercerita tentang kokok ayam jago yang berbunyi 'kongkorongook'. 

Last Updated on Friday, 06 August 2010 21:16
Read more...
 
(Tuhan Selalu Berbicara) Kita Hampir Selalu Mendengar Beda (2) PDF Print E-mail
Written by Pitoyo Amrih   
Wednesday, 14 February 2001 07:00

Di tahun 1930-an di New York pernah hidup seorang perempuan muda bernama Dorothy Day, dia adalah orang yang aktif ikut berbagai organisasi kepemudaan waktu itu dan sering sekali secara radikal menuntut pemerintahan waktu itu baik penguasa lokal di N.Y atau di pusat Wahington D.C, untuk mengadakan suatu perubahan, di mana waktu itu adalah tahun-tahun berat yang di alami dikarenakan resesi ekonomi yang berkepanjangan.

Last Updated on Friday, 06 August 2010 21:16
Read more...
 
(Tuhan Selalu Berbicara) Kita Hampir Selalu Mendengar Beda (3) PDF Print E-mail
Written by Pitoyo Amrih   
Wednesday, 28 February 2001 07:00

Sungguh menarik bicara mengenai 'need' (selain 'need' ini sebuah bicara Tuhan yang diantaranya 'didengar' oleh Philip Kotler dan Gary Amstrong sebagai bentuk untuk ditransfomasikan menjadi needs-wants-demands sehingga menjadi 'kegiatan' ilmu pengetahuan yang disebut marketing), bagi saya selain itu memang 'need' muncul ketika Tuhan 'mengejawantahkan' 'bicara'-Nya, kemudian kita secara sadar atau tidak 'mendengar', mengolahnya dalam wilayah otak kita, dipadu dengan apa-apa yang pernah kita 'dengar' atas 'bicara'-Nya yang tersimpan dalam memori otak kita. Sehingga salah sarunya akan muncul 'need' yang besar kecilnya merupakan fungsi jarak antara 'what things are' dan 'what things shoul be'-nya masing masing kita.

Last Updated on Friday, 06 August 2010 21:15
Read more...
 
« StartPrev12345NextEnd »

Page 1 of 5
Like Pitoyo Amrih on FacebookFollow @PitoyoAmrih on Twitter



Copyright © 2017 KupasPitoyo, KumpulanTulisan PitoyoAmrih. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.
Novel Wayang Pitoyo AmrihGaleri Wayang Pitoyo.com



Terbaru

Popular

NovelWayang

GaleriWayang


Powered by Joomla!. Template by Themza Joomla 1.5. Design by Pitoyo.com. Valid XHTML and CSS.

Pitoyo Dotcom | Jl Cemani Indah D-22, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Solo 57552, Indonesia | Telp/Fax +62-271-631671

Twitter @PitoyoAmrih
Beli Buku karya Pitoyo Amrih
Kontak Pitoyo Amrih
Facebook Pitoyo Amrih
LinkedIn Pitoyo Amrih
Langganan KupasPitoyo