GALERI WAYANG
NOVEL DUNIA WAYANG
BUKU WAYANG
BUKU BUDAYA JAWA
Home Dunia Wayang
Home Pitoyo Dotcom
Yang Baru di Dunia Wayang
Tentang Dunia Wayang
Buku Pitoyo Amrih
Galeri Wayang
Advertising


Pitoyo Amrih's reviews on Goodreads


Antareja Antasena: Jalan Kematian Para KsatriaAntareja Antasena: Jalan Kematian Para Ksatria
reviews: 4
ratings: 12 (avg rating 3.62)



Kebaikan Kurawa, mengungkap kisah-kisah yang tersembunyiKebaikan Kurawa, mengungkap kisah-kisah yang tersembunyi
reviews: 2
ratings: 9 (avg rating 3.25)



Narasoma: Ksatria Pembela KurawaNarasoma: Ksatria Pembela Kurawa
reviews: 1
ratings: 5 (avg rating 4.00)



Perjalanan Sunyi Bisma DewabrataPerjalanan Sunyi Bisma Dewabrata
reviews: 1
ratings: 4 (avg rating 3.00)




Sponsored Link


Kunjungi Toko online Pitoyo Dotcom Webstore


Kunjungi profil Pitoyo Amrih sebagai Goodreads Author


Kunjungi profil saya


Meet me on Facebook



Login
Nickname:
Password:
  Registrasi?
Ulasan / Tokoh Wayang


Keluhuran Kumbakarna
Friday, 30-January-2009, 16:30:31
Kumbakarna adalah seorang ksatria bangsa Raksasa yang hidup di jaman kejayaan Prabu Sri Rama dari kerajaan Ayodya. Ayah Kumbakarna adalah seorang resi bernama Begawan Wisrawa, sedang ibunya adalah Dewi Kekasi, putri seorang raja bernama Prabu Sumali. Kumbakarna adalah juga adik penguasa negri Alengka, bernama Prabu Rahwana. (6573 klik)

Petruk Kantong Bolong
Tuesday, 06-January-2009, 20:55:40
Lahir dengan nama Bambang Penyukilan, seorang ksatria sakti yang hidup pada jaman Dunia Wayang masih bergema kejayaan negri Maespati, ratusan warsa sebelum kejayaan Prabu Rama dari negri Ayodya. Tidak begitu jelas asal usul Bambang Penyukilan. Ada yang mengatakan dia adalah keturunan bangsa Raksasa, anak seorang pertapa sakti Begawan Salantara. Tapi yang paling banyak dipercaya orang, dia adalah seorang keturunan raja Jin, Prabu WelGeduwelBeh dan permaisuri dari bangsa Gandarwa. (7309 klik)

Gatotkaca, Kesendirian Seorang Panglima
Wednesday, 26-November-2008, 20:40:26
Putra kedua Bima dengan seorang putri bangsa Raksasa dari negri Pringgandani. Kelahirannya dianggap sebagai buah dari sebuah rekayasa bangsa Dewa. Demi wibawa bangsa Dewa, Bima dijodohkan dengan Arimbi, dengan sebuah pamrih akan melahirkan seorang bayi yang kuat dan berani seperti bangsa Raksasa, serta pandai dan cerdas seperti seorang bangsa Manusia.

Bangsa Dewa yang kala itu mendapat rongrongan wibawa dari Prabu Kalapracona, raja negri Gilingwesi. Gatotkaca pun dibuat cepat dewasa, agar segera bisa menjadi jago bangsa Dewa menghadapi serangan bangsa Gilingwesi. Gatotkaca juga diberi kesaktian yang luar-biasa. Kecepatan terbang yang jauh diatas rata-rata kecepatan terbang ksatria pada umumnya. Kulit dan badannya sekeras baja. Tak ada senjata tajam yang mampu melukainya.  (6619 klik)

Karna, Nyawanya Sebagai Tumbal Lenyapnya Angkaramurka
Monday, 16-June-2008, 07:45:27
Adipati Karna seorang raja negri Awangga, meskipun raja tetapi raja kecil. Raja yang masih diperintah raja lain (Ratu rehrehan Jawa).

Istrinya Karna itu bernama Dewi Surtikanti, putri Mandaraka, putra Prabu Salyapati. Anak Adipati Karna kalau dalam pewayangan adalah dua orang, lelaki dan perempuan, bernama Warsakusuma dan Dewi Suryawati. Patihnya Karna itu bernama Patih Hadimanggala. Banyak para pejabat atau tokoh masyarakat yang mengagumi tokoh Karna, termasuk guru saya. Ki Narto Sabdo. Bahkan juga Presiden I Bung Karno juga mengagumi tokoh Karna, sebab sejarah serta perjalanan hidup Karna itu agak aneh atau unik. (6872 klik)

Antareja, sang Hanantareja
Monday, 31-March-2008, 13:14:44
Raden Hanantareja, yang berarti memiliki kuasa yang tinggi, yang dalam pedalangan cukup dipanggil Antareja, mempunyai nama lain Wasianantareja, Anantarareja. Ia adalah putra raden Werkudara dengan Dewi nagagini, putri Batara Antaboga, di kahyangan Saptapretala. Antareja kawin dengan Dewi GAnggi, putri Prabu Ganggapranawa raja ular di kerajaan Tawingnarmada. Dari perkawinan ini lahirlah Arya Danurwenda yang kemudian diangkat menjadi patih luar (patih njaba) negara Yawastina pada masa pemerintahan Prabu parikesit. (6385 klik)

Antasena, Jalan Manusia Sufi
Friday, 21-March-2008, 21:00:11
Anda tak akan menemukan tokoh ini pada versi Mahabarata aslinya, versi India. Karena tokoh Antasena hanya ada di kisah wayang gubahan Jawa. Pun hanya ada di Yogyakarta. Pada wayang Surakarta, nama Antasena juga ada, tapi Antasena di sini, hanya nama lain dari tokoh Antareja. Sedang di Yogyakarta, Antasena dan Antareja dikisahkan sebagai dua karakter yang berbeda, walaupun keduanya sepertinya sama-sama diciptakan sebagai sosok 'pencari' makna kehidupan sejati, tapi nuansa tingkah-laku mereka sangat berbeda. (10815 klik)

Jatidiri dan Sifat Kepemimpinan Kresna
Saturday, 03-November-2007, 07:48:11
Orang mempelajari cerita pewayangan kebanyakan perhatiannya tertuju kepada judul cerita dan isi pokok ceritanya. Tetapi orang sering ingin mempelajari lebih dalam, ingin mengetahui unsur-unsur cerita yang membentuk struktur ceritanya, unsur yang menjadi perhatian mereka antara lain tema dan tokoh. Bila mengkaji cerita pewayangan, terutama mengenai tokoh-tokoh, amat banyak jumlah tokoh yang diperolehnya. Secara garis besar tokoh cerita pewayangan terdiri dari tokoh dewa dan tokoh bukan dewa. Tokoh dewa dibedakan jenis pria yang disebut dewa atau dewata, dan mendapat sebutan Hyang, Sang Hyang atau Bathara. Jenis wanita, disebut bidadari dan mendapat sebutan Dewi atau Bathari. Tokoh bukan dewa terdiri dari manusia atau yang diindetikkan dengan manussia, raksasa, jin dan setan yang sering disebut lelembut dan hewan, tetapi bukan hewan sembarangan, melainkan hewan jelmaan dewa atau tokoh hewan yang mempunyai kelahiran dan kehidupan luar biasa. (18231 klik)

Batara Semar
Saturday, 29-September-2007, 13:12:10
MAYA adalah sebuah cahaya hitam. Cahaya hitam tersebut untuk menyamarkan segala sesuatu. Yang ada itu sesungguhnya tidak ada. Yang sesungguhnya ada, ternyata bukan. Yang bukan dikira iya. Yang wanter (bersemangat) hatinya, hilang kewanterane (semangatnya), sebab takut kalau keliru. Maya, atau Ismaya, cahaya hitam, juga disebut SEMAR artinya tersamar, atau tidak jelas. (7879 klik)

Discussion
Latest Post
. Rahasia Balik modal 2 bul...
. Waralaba Jagung Manis Ter...
. Asal usul Kartamarma
Latest Response
. Terima kasih
. Asal usul Kartamarma
Iklan Baris
Iklan Terbaru
. Waralaba Jagung Manis
Novel Dunia Wayang








Buku Wayang



Tautan Wayang Lainnya
All About "Wayang Kulit"

Ki Demang Sokowaten - Situs Sutresna Jawa

Haritage of Java

The Bharatayudha Arena
Buku Budaya Jawa