Pencarian selanjutnya
 
User Terdaftar

Username:

Password:

Log in otomatis pada kunjungan berikutnya?

» Lupa password
» Regristrasi
Random tayangan

Ki Demang
Ki Demang
Situs Wayang
Komentar: 0


Tentang Pitoyo Amrih

Pitoyo Amrih

NovelWayang PitoyoAmrih


Flag counters!

 

 

 

 

 

Contribute only 1 USD to save Wayang Indonesia will always be The World Masterpiece of Intangible Cultural Heritage of Humanity


Banjaranjali




 

NovelWayang PitoyoAmrih

 

 

Banjaranjali

            


Banjaranjali
Deskripsi: BANJARANJALI adalah putra Prabu Hiranyakasipu, raja pertama negara Alengka dengan perrmaisuri Dewi Nariti, putri Prabu Nasa raja negara Banapura. Ia mempunyai dua orang saudara kandung, masing-masing bernama ; Dewi Kasipi dan Dewi Kistapi.

Banjaranjali menjadi raja negara Alengka menggantikan ayahnya, Prabu Hiranyakasipu yang tewas bersama Prabu Hiranyawreka, raja negara Kasi dalam peperangan di negara Medanggili melawan Maharaja Suman (penjelmaan Sanghyang Wisnyu) raja negara Medangpura. Banjaranjali yang bermaksud menunut balas, dapat dikalahkan dan takluk kepada Maharaja Sunda (penjelmaan Sanghyang Brahma}. Ia kemudian diambil menantu Maharaja Sunda dikawinkan dengan Dewi Bremani, putri Sanghyang Brahma dengan permaisuri Dewi Rarasyati. Demikian pula kedua adiknya, Dewi Kasipi dan Dewi Kistapi diambil menantu oleh Sanghyang Brahma. Dewi Kasipi dikawinkan dengan Bathara Brahmanatiyasa dan Dewi Kistapi dinikahkan dengan Bathara Brahmanayana.

Dari perkawinannya dengan Dewi Bremani, Prabu Banjaranjali memperoleh seorang putri yang diberi nama Dewi Bremaniwati, yang setelah dewasa menikah dengan Banjaransari yang turun temurun menurunkan raja-raja negara Alengka.

Sumber gambar: Ensiklopedi Wayang Indonesia
sumber artikel: www.pdwi.org
courtesy: Harmanto
Kata kunci: Banjaranjali, Alengka
Tanggal: 16.08.2013 10:27
Hits: 890
Downloads: 4
Rating: 0.00 (0 Vote(s))
File size: 124.7 KB
Added oleh: pitoyo

 

 



Author: Komentar:
Tak ada komentar terhadap gambar ini



Tayangan sebelum:
Sumali

 
 Tayangan selanjutnya:
Saksa

 

 

RSS Feed: Banjaranjali (Komentar)

Wayang Pedia

Buku Pitoyo Amrih

↑ Grab this Headline Animator